Storybook Chapter 2 : Camping Ceria Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur

Storybook Teknik Informatika Sinus
Chapter 2 : Camping Ceria Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur

Upacara Bendera 17 Agustus di pantai klayar

Dalam postingan kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya saat camping  bersama teman-teman saya di tepi pantai Klayar yang terletak di kab.Pacitan,  Jawa Timur,  Indonesia.

Awal mula cerita :

Pada suatu hari saya bercerita tentang keindahan suatu pantai di gunung kidul, Yogyakarta yang pernah saya kunjungi kepada teman saya,,, pantainya benar-benar amat sangat mempesona hahaha,,,
tak disangka teman saya juga pernah berkunjung ke pantai itu dan membandingkan dengan pantai lain yang pernah dikunjunginya,,, "ah, itu pantai belum ada apa-apanya dibanding dengan pantai Klayar di pacitan, dari semua pantai yang pernah saya kunjungi belum ada yang bisa mengalahkan Pantai Klayar"

hmm... bikin penasaran saja,,,

Rasa penasaran bukan untuk disimpan bagi seorang yang mempunyai jiwa traveling seperti saya... setelah saya pulang ke rumah langsung saja saya googling gambar-gambar pantai klayar ,,

hmm,,, sepertinya ini pantai biasa saja kalau cuma digambar ,, hahaha,,,, ada sebagian kecil yang membuat saya tertarik dengan pantai ini,,, dari seruling samudera dan pantai yang diapit oleh karang besar dengan ombak yang juga besar,,,

okay,,, saya putuskan mengajak teman-teman kampus untuk survey ke tempat tersebut,,
Perencanaan jadwal survey pun dibahas,, bla bla bla bla dan akhirnya kami dapat hari jumat , sebelum bulan puasa untuk melakukan survey,, dan karena kami semua adalah mahasiswa kelas malam, kami juga bekerja saat pagi-siang maka kami putuskan untuk mengambil cuti untuk survei tujuan kami melakukan liburan semester ini, mungkin sudah menjadi kebiasaan kami untuk mengadakan acara liburan bersama saat liburan semester tiba,,, hehehe

skip.. skip.. skip..  Survei selesai dengan hasil kami akan mengadakan camping ceria di pantai klayar , kami pilih spot camping di atas tebing dengan pertimbangan akan lebih bebas ketika melakukan acara api unggun,, dan saya juga was was jika camping di tepi pantai langsung saat kita tidur air pasang tiba² datang,,tidaaaaaaaaaak,,, wkwkwkwk ... spot di atas tebing sudah yang terbaik menurut saya,,, dengan pertimbangan jika spot kami sudah dipakai saat kami kesana lagi maka spot camping akan kami pindah di pantai banyu tibo yang tepat berada di samping pantai klayar..

Teman yang sedang santai di atas tebing pinggiran pantai klayar

ini spot camping kami

bla.. bla.. bla.. bla.. dan seterusnya 45 hari berlalu setelah kejadian perkara (baca survei)

karena masih dalam masa liburan dan kita teman satu angkatan tidak pernah ber
temu maka sehari sebelum keberangkatan kami sepakat adakan pertemuan untuk briefing acara piknik,,,

rundown acara saya buat sesimple mungkin karena persiapan kurang,,

melalui message fb saya hubungi teman yang sekiranya bisa mencetak rundown saya secepatnya karena saya tidak mempunyai printer,,,

me "zal tolong cetak rundown ini ya,,, saya tunggu nanti malam di kampus hasil cetakannya"
rizal "ok"

kemudian saya broadcast sms seluruh teman seangkatan untuk mengingatkan jika malam hari ini kita ada acara briefing,,,
tidak sulit menyebarkan sms kepada mereka karena saya mempunyai 95% nomor mereka,, hnya perlu mengetik 1 sms dan kirimkan ke semua,,,  this is the power of technology,,, (baca: Broadcast message)

problem 1 solved

masalah berikutnya datang,, satu jam sebelum briefing batuk saya semakin menjadi,, saya redam dengan permen pelega tenggorokan,,, tetapi tetap tidak mempan,,, kemudian saya mampir ke dokter ,, antrinya 6 T_T hiks...  setelah 15 menit menunggu saya putuskan meninggalkan antrian karena sudah jam 19.15 saya sudah telat 15 menit...

bla bla bla bla ,,,  akhir cerita banyak masukan yg diterima saat briefing malam itu,,, mulai dari tempat berkumpul, pembagian tugas , sampai ice breaker yang akan diadakan saat menyalakan api unggun, membayangkannya saja rasanya luar biasa,,, lagu steven and coconut trees terus terngiang di telinga saya , semangat jadi bertambah melihat antusiasme kawan-kawan saat briefing ....

♫ ♪ ♫ ♪ Burning you with my fire ♫ ♪ ♫ ♪
♫ ♪ ♫ ♪ Yes, I’m on my fire, to make you fly ♫ ♪ ♫ ♪
♫ ♪ ♫ ♪ Leave all troubles behind ♫ ♪ ♫ ♪
♫ ♪ ♫ ♪ And let all troubles gone away ♫ ♪ ♫ ♪

setelah briefing saya bersama beberapa teman berbelanja kepasar dan diakhiri dengan nongkrong di daerah ngarsopuro solo untuk membahas piknik keesokan harinya...
setelah nongkrong kami sempatkan mampir ke pasar lagi untuk membeli sesuatu ,,,

skip skip skip

The Day . . .

Saat Hari H saya mengambil cuti di kantor untuk mempersiapkan semua kebutuhan dalam camping ceria kali ini yang belum selesai di hari sebelumnya,,, sekitar pukul 13.00 saya bersama salah satu teman kelas M Stevanus Andi berangkat menuju spot pertemuan kita dan mendrop kebutuhan untuk barbeque di tebing di atas pantai,,

Setelah itu bersama dengan Ryan Budi S, kami langsung bergerak ke Camel Adventure di sekitar UNS untuk meminjam 5 tenda dan 20 matras, pemilik camel adventure adalah teman kita sekaligus alumni dari STMIK Sinar Nusantara,,

di dalam perjalanan kami bertiga mampir membeli gorengan di pinggir jalan yang masih panas, benar saja yang sudah saya perkirakan terjadi,, duo tetua kelas M Steve dan Ryan mengejek saya karena saat itu saya sedang batuk dan tidak boleh makan gorengan,,,,

R: Hmm... Gorengannya Nyanyas ya stev,,, Enyak,,,

S: Hmm... Nyanyas beud bro,,, mantap ( sambil makan dengan suara super kriuk mereka melihat saya yang duduk di belakang)

Saya : Hahaha,,, wes tau , , ,    :ngakak

Tapi mendengar suara kriuk tiada akhir saya tidak tahan dan langsung ikut mengambil gorengan mereka.

Kita putuskan untuk bertemu di tempat salah satu teman kita yang dapat digunakan untuk memarkirkan semua kendaraan kami, rencana awal untuk berangkat pada pukul 16.00 meleset karena 99% mahasiswa kelas M adalah karyawan yang bekerja di pagi-sore hari, dan beberapa dari kita pulang dari kantor tepat jam 16.00 ,

Perjalanan ke pantai klayar kami mulai jam 18.15 dari kota solo...

Skip,, Skip,, Skip,,

3Jam berlalu sekitar pukul 20.50 saya putuskan untuk berhenti di SPBU di daerah Batu untuk istirahat makan dan sholat,,

Teman-teman beribadah bergiliran karena mushola hanya mampu menampung beberapa orang saja, setelah semua selesai beribadah , dengan PD-nya kami menggelar karpet di sudut SPBU dan memakan nasi kotak yang sudah kami bawa dari rumah bersama-sama, seperti biasa nasi kotak dari katering milik mba' Faiz rasanya jos gandoz dan maknyus,, hehehe

Pokoknya kalau masih di indonesia anggap saja seperti rumah sendiri,, hehehe

Skip,,, Skip... Skip..

Pukul. 22.00 kami sampai di pantai klayar,, kami menggunakan 3 Mobil dan mobil yang saya tempati berada di paling depan untuk memudahkan akses masuk ke tempat wisata, karena semua panitia persiapan dan eksekusi acara berada di satu tempat,,

Saya dan om Steve turun dari mobil untuk membeli tiket,, negosiasi panjang terjadi di loket tiket masuk,,, harga tiket ternyata lebih murah dari dugaan kami, karena tiket masuk pada saat survei adalah 7.000 sedangkan saat malam itu tiket hanya 3ribu dan masih bisa ditawar, wkakakakkaa,,, ternyatta beda yang jaga beda juga harganya ,,,, alokasi dana untuk tiket bisa di alihkan untuk membeli keperluan lainnya...

Setelah parkir mobil kami load barang-barang yang diperlukan untuk camping ceria, mulai dari tenda sampai logistik untuk acara barbeque kami,, tempat yang langsung kami tuju adalah tebing yang berada di atas pantai,,, kami beruntung karena saat itu spot kami tidak ditempati oleh orang lain, kami memilih mendirikan tenda di atas tebing karena tidak memungkinkan untuk membuat api unggun di tepi pantai yang ramai dan sering terkena air pasang. Saat itu ada sekelompok orang dari club motor blitar yang berada di atas tebing itu, karena mereka tidak memasang tenda maka kamilah yang menempati spot camping tsb.

Pembagian tugas berlangsung dengan amat cepat karena waktu yang sudah malam

kita membagi beberapa team supaya bisa bekerja dalam satu waktu dan bisa menyelesaikan semuanya secara bersamaan...

Prepare Unggun Ceria

Prepare Barbeque'an

Prepare Pasang Tenda

Tepat pada pukul 00.00 acara unggun ceria dan ice breaker dimulai, acara ice breaker tersebut dipimpin oleh mas Dadang Deni S, , Kami duduk beralaskan matras melingkari api unggun yang menyala,,, Games kali ini seperti russian roulette , kami memutarkan botol air mineral kosong yang di estafetkan searah jarum jam, saya memainkan sebuah lagu dengan gitar dan ketika suara gitar berhenti maka botol air mineral tersebut harus berhenti di estafetkan dan orang yang terakhir memegang botol harus mau menjawab pertanyaan dari kami sejujur-jujurnya,, :D inilah games kejujuran.

TI M in Vacation

Mas dadang menjelaskan tentang games estafet botol, hehehe

Mulai.., Jreeng  ♫ ♪ ♫ ♪

Ibu-ibu menyediakan makanan untuk teman ngopi (jagungbakar, sosis bakar, bakso bakar) sambil bermain games

Mayoritas peserta camping saat itu belum berkeluarga , sehingga topik yang ditanyakan tidak jauh-jauh dari masalah cinta, hahahaha :v , banyak hal-hal yang mengejutkan saat itu, ada momen dimana seorang teman kita ditanyai tentang "siapa di antara teman-teman disini yang paling ingin dijadikan pasangannya" dan dia menjawab hanya beberapa detik secara refleks nama teman kita yang saat itu juga ada ditempat itu,,,  hahahahaha,,, saat itu juga teriakan dari setiap sudut tempat kemah bergemuruh,,, ciyeeeeeee ciyeeeeee,,, Ihiiiiiiiiiiiirrrrrr,,, hahhahaha........ tawa kita saat itu benar-benar bisa sejenak membuat lupa dengan urusan pekerjaan dan kuliah,,

tdk terasa 2jam sudah kami bermain games , ngopi bareng sambil barbeque'an saatnya istirahat menyimpan tenaga untuk acara keesokan harinya,,,,

TI dan MI , ada beberapa orang lagi yang menghilang tanpa jejak

Camping Ceria

Saya berjaga di luar tenda dengan beberapa teman, tapi akhirnya terkapar semua, hanya ada 4orang yg masih terjaga smpai pagi..

Langit malam itu, cerah tanpa awan mendung

Pemandangan yang kami lihat ketika bangun tidur,,

Jam 5.30 kami berkemas meninggalkan tebing, packing barang-barang dan kami masukan kembali ke dalam mobil yang kami bawa, ketika kami akan mandi serang teman kita yang bernama mba' aida minta diadakan upacara bendera di pinggir pantai, sebenarnya sudah ada request upacara dari dia sebelum keberangkatan dan saya iya'kan saja, tapi saat keberangkatan kami lupa membawa bendera dan tiang pancang untuk bendera susah didapatkan disana, jadi saya perkirakan upacara 17 agustus ini tidak akan jadi dilaksanakan, tapi ternyata akal bulusnya bisa membuat upacara hari kemerdekaan akhirnya bisa dilaksanakan, sungguh rasa Nasionalismenya amat tinggi sekali, saya sebagai teman hanya bisa tersenyum dan tidak bisa menolak ketika dia sudah mendapatkan tiang bambu beserta benderanya yang entah di dapat dari mana,,,

Tetapi banyak teman-teman yang sudah dalam mode posisi wuenak,  ngopi atau ngeteh di warung2 pinggir pantai sambil ngobrol ,benar saja, saya harus menarik-narik tangan mereka supaya mau mengikuti upacara bendera hari kemerdekaan di pinggir pantai,  hahahaha...

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2014

Selesai upacara, kami istirahat ngopi / ngeteh , berfoto di pantai klayar bersama , mandi dan berangkat menuju tujuan selanjutnya,,, Pantai Banyu Tibo . .

PANTAI BANYU TIBO

Bayu Tibo dalam bahasa jawa berarti Air yang jatuh, tidak mengherankan karena di pantai ini memang ada air terjun air tawar yang langsung turun dan jatuh ke pantai,,, Luar Biasa

Pantai Banyu Tibo

Karena saat itu adalah hari kemerdekaan indonesia maka harga tiket masuk ke pantai banyu tibo adalah seikhlasnya, dan kami hanya memberikan 20.000 untuk 3 mobil , hehehe,,,

Sampai di pantai kita disambut air yang pasang  di bawah,,, kami diperingatkan oleh penjaga parkir untuk segera turun, karena ketika air sudah pasang maka kami tidak di ijinkan untuk turun ke pantai,,,
hanya ada beberapa menit sampai pantai benar-benar terendam air pasang,,

para ibu-ibu yang sudah tidak sabar langsung saja turun ke pantai =_=" dan saat saya sadari mereka sudah dibawah , turun dengan tangga bambu dan hanya ibu-ibu TI dan MI yang ada dibawah ,,, hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!
mereka tidak tau jika akhir dari karang setelah pantai itu ada palung yang dalamnya ratusan meter =_=" dan saat itu arus dan ombaknya sangat besar sekali, bahkan ombak sampai menabrak ke ujung tebing dari pantai banyu tibo,,, deg,,,deg,,,ser,,,,,

saya langsung turun ke bawah dan lupa melepaskan celana panjang dan jacket saya,,, =_="
setelah itu yang lain baru menyusul turun kebawah, hanya beberapa menit di bawah ombak pasang sudah langsung menyerbu bertubi-tubi,, kami putuskan untuk segera naik ke atas...

ya,, mereka tidak tau darimana asal muasal air tawar itu dan dengan polosnya berkubang di air yang tidak jelas asal muasalnya tsb , hahaha..

karena sudah terlanjur basah langsung saja kita ke pantai kijingan yang terletak di sebelah pantai banyu tibo,,, kita harus menyusuri jalan yang Super Extreem , harus sangat berhati-hati karena disamping kita ada jurang yang tingginya puluhan meter , kita harus menyusuri jalan tsb sepanjang kurang lebih 500meter-1Km..

Wefie dulu, hahaha

Jalan disekitar tebing yang berdampingan dengan jurang

Pantai Kijingan

Pantai ini masih sepi sekali, tidak ada seorangpun yang berjualan disini, jadi jika anda akan ke pantai kijingan baiknya anda membawa air minum dari pantai banyu tibo,

Skip... Skip... Skip...

Waktunya pulang,,,

Ketika pulang badan saya sudah lemas sekali karena 2 hari pasca persiapan dan hari H saya kurang tidur,, =_=" dan ketika perjalanan pulang saya sudah terkapar tak berdaya tidur sepanjang perjalanan . bahkan ketika makan siang di perjalanan pulang pun saya tidak mau bangun,,  super sekali,, hahaha

Sekian cerita perjalanan kami TI M + MI M di Storybook Teknik Informatika Season 2 : Camping Ceria..

Tentu tanpa kerjasama dari semua acra ini tidak akan bisa terlaksana,,,