Perbedaan Sistem Operasi dengan Software

23.35.00



VS



Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem.
Sistem operasi yang mungkin sangat kita kenal saat ini adalah Microsoft Windows, sistem operasi windows menjembatani antara aplikasi yang disebut juga sebagai software dengan hardware. Fungsi Windows disini bisa diibaratkan sebagai mobil, sedang software sebagai barang yang diangkut mobil tersebut, operaring sistem me-manage software  agar bisa terkontrol, misal kita mengetik pada Microsoft Word, ketikan tersebut tidak akan  langsung begitu saja masuk ke Microsoft Word namun mengalami proses yang begitu panjang, apa yang anda ketik di papan keyboard akan diproses masuk ke dalam jaringan hardware komputer, kemudian masuk ke dalam motherboard terus diakses oleh memori kemudian diproses oleh prosesor, lalu diberikan kepada sistem operasi, dan sistem operasi ini menindaklajuti ke aplikasi Microsoft Word tadi, proses ini dilakukan dalam satuan milidetik, .,.


jadi ketika keyboard kita sentuh maka akan cepat masuk ke dalam program pengolah kata.
Sistem operasi tidak bisa digolongkan sebagai software karena sistem operasi tidak tergantung software lain,.,. artinya sistem operasi berkaitan langsung dengan manajemen hardware dengan syarat  hardware dapat dikenali maka sistem operasi dapat berjalan pada hardware tersebut.
Biasanya sebuah operating sistem memiliki spesifikasi hardware tersendiri..,..
Sistem operasi yang ada selama ini dan mungkin kita kenal di antaranya adalah keluarga Microsoft Windows, Linux, Sun Solaris, MacOs, dan lain lain.


berbeda sekali dengan sistem operasi.,.,disini software tidak bisa berdiri sendiri, keberadaan software tergantung adanya sistem operasi, tanpa sistem operasi, software tidak bisa berjalan, software membutuhkan platform untuk berjalan, jika software berkomunikasi dengan hardware maka software harus memberikan notifikasi bantuan kepada sistem operasi. sebagai cotontoh jika kita ingin menggunakan modem untuk internet-An, modem tersebut hanya bisa dipakai kalo ada sistem operasi dan software, modem dengan software saja tidak cukup, walau ada hardwareNya.,.,
Software yang kita kenal bermacam-macam seperti Mozilla Firefox, Winamp, Foxit Reder, Antivirus, Tools, dan lain lain…..

You Might Also Like

1 comments

Most Commented